Tuesday, October 30, 2012

Hamparan Hijau di Lahan Gambut Jabiren



Jabiren, sebuah desa lokasi Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) di Kalimantan Tengah, terletak di Jalan Trans Kalimantan Kilometer 55 arah Palangkaraya Banjarmasin, tepatnya di  Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau. Untuk mencapai lokasi demplot ditempuh dengan jalan darat dan dilanjutkan dengan angkutan klotok menyusuri sungai Jabiren ke arah barat sejauh dua kilometer.
Perjalanan ke lokasi bergantung pada periode air pasang. Jika lewat dari periode air pasang, maka jalan ke lokasi harus menggunakan jalan darat, jalan kaki atau sepeda motor.
Pembukaan lahan gambut dalam (> 3 m) oleh masyarakat Desa Jabiren gencar dilakukan setelah terjadi kebakaran besar tahun 2005 yang mengakibatkan hampir seluruh kawasan gambut yang berupa hutan belantara musnah terbakar. Pada tahun 2006 dimulailah pembagian tanah di area terbakar melalui pembentukan kelompok tani. Di lokasi juga dibuat saluran drainase praktis yang menyebabkan kawasan gambut ini kering sehingga dapat ditanami karet.
Lokasi demplot ICCTF wilayah Kalimantan Tengah seluas lima ha tersusun dari tanah gambut yang memiliki kedalaman antara lima hingga tujuh meter, dengan tingkat kematangan hemist hingga saprist. Usahatani di lokasi demplot terdiri dari tanaman pokok karet (seedling) dan tiga periode tanaman sela di antara tanaman karet yaitu padi, jagung dan nanas. Demplot ICCTF Kalteng berkelanjutan untuk meningkatkan sequestrasi karbon dan menurunkan emisi gas rumah kaca sehingga diperoleh jenis usaha tani yang ramah lingkungan.
Investasi saprodi berupa pupuk dan ameliorant serta pengendalian gulma yang rutin dilakukan telah membuat kondisi kebun demplot terjaga dan performance pohon karet tumbuh baik dibandingkan sebelumnya.

Sumber : http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/1289/

No comments:

Post a Comment